Langsung ke konten utama

Urutan dan Tata Cara Wudhu

Urutan dan Tata Cara Wudhu

wudhu

 

Wudhu menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum anda melaksanakan berbagai ibadah lainnya seperti ibadah sholat dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui berbagai urutan dan juga tata cara wudhu yang benar. Mungkin anda memang sudah menghafal dengan urutan untuk berwudhu karena anda sudah bisa melakukannya. Akan tetapi bagaimana dengan tata cara yang tepat? Maka inilah info lengkapnya untuk anda.

1. Dimulai dengan niat

Urutan pertama yang tentu saja harus anda lakukan adalah melafalkan niat saat akan berwudhu. Pastikan pula anda berwudhu dengan menggunakan air bersih yang suci mensucikan.

2. Mencuci telapak tangan yang basah

Pastikan anda membasuh telapak tangan hingga basah secara merata. Anda perlu untuk membasuh kedua telapak tangan sampai pada pergelangan tangan hingga bersih.

3. Berkumur dengan ar bersih

Selanjutnya berkumur sebanyak 3 kali untuk membersihkann gigi hingga bersih sehingga tidak ada bekas makanan di sela sela gigi. Disunnahkan pula untuk membersihkan hidung anda atau lebih tepatnya lubang hidung anda, dengan membasuhnya sebanyak 3 kali.

4. Mencuci muka

Langkah selanjutnya adalah mencuci muka sebanyak 3 kali. Anda perlu memulainya dari tempat tumbuh rambut kepala kemudian menuju ke bawah dagu dan dari telinga kanan hingga ke telinga kiri. Untuk anda yang memiliki jenggot juga dianjurkan untuk menyela jenggotnya.

5. Membasuh kedua tangan hingga siku

Membasuh kedua tangan ini dilakukan secara bergantian mulai dari tangan kanan kemudian dilanjutkan di tangan kiri.

6. Mengusapkan kepala

Dimulai dengan mengusapkan dahi atau sebagian kepala.

7. Membersihkan kedua telinga

Telinga juga perlu dibersihkan dengan memasukkan telunjuk jari kedalam telinga, lalu ibu jari mengusapkan kedua daun telinga.

8. Membasuh kedua kaki

Kaki anda perlu dibasuh hingga bagian mata kaki. Lakukan membasuh kaki ini mulai dari kaki kanan kemudian dilanjutkan dengan kaki kiri.

 

Itulah urutan dan tata cara wudhu yang benar. Hal lain yang juga perlu anda ketahui adalah berbagai macam-macam wudhu dan juga ketentuannya.

Postingan populer dari blog ini

Tips Efektif Bangun Untuk Shalat Malam

Tips Efektif Bangun Shalat Malam Sholat sunnah Tahajjud adalah ibadah yang istimewa. Berbagai keistimewaan dan manfaatnya sangat menakjubkan. Mulai dari ketenangan batin hingga penyembuhan banyak penyakit lahiriah. Tidak sedikit diantara kita yang ingin melakukannya. Namun, terkadang sulit sekali untuk melaksanakannya. Berikut adalah tips yang diangkat dari Sunnah dan berbagai sumber praktis: 1.  Biasakan tidur di awal waktu, jangan bergadang untuk hal-hal yang tidak penting. 2.  Bersungguh-sungguh mengamalkan Cara Tidur Rasulullah SAW 3.  Usahakan tidak tidur dalam keadaan berhadats besar, agar tidak malas ketika bangun malam. Jika berhadats, lakukan mandi wajib terlebih dahulu 4.  Janganlah paranoid dan menganggap bahwa bangun di sepertiga malam untuk melakukan sholat tahajud itu sebagai pekerjaan yang berat karena akan berpengaruh pada niat dan kekuatan itu untuk merealisasikannya 5.  Senantiasa menjaga keikhlasan ketika berniat untuk bangun malam dan melakukan sholat tahjud. Dengan

Istikharah Dalam Setiap Urusan

  1. Rasulullah saw mengajari sahabatnya ber-istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Alquran 2. sabda Nabi, “Jika kalian ingin lakukan suatu urusan, shalatlah 2 rakaat selain shalat fardhu, lalu hendaklah berdoa: 3. "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu," 4. "aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya." 5. "Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib." 6. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat," 7. "maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku." 8. "Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku" 9. "maka palingkanlah ia dariku, dan palingka