Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2015

6 Alasan Mengapa Tidak Merokok Dekat Anak

6 Alasan Mengapa Jangan Merokok Dekat Anak   Baca sampai habis SANGAT BERMANFAAT!! Rokok tak hanya merugikan orang yang menghisapnya, tetapi juga orang di sekitar yang terkena asap rokok alias menjadi perokok pasif.  Dalam sebuah survei terbaru, lebih dari 1000 perokok pasif meninggal dunia setiap tahunnya karena terpapar asap rokok dari lingkungan sekitar mereka. Lebih menyedihkan lagi, banyak orangtua merokok di depan anak-anak mereka.  Padahal mereka tahu, paparan asap rokok akan memengaruhi kesehatan.  Ketika anak-anak terpapar asap rokok, akan banyak masalah kesehatan yang terjadi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut efek buruk jika orangtua sering merokok di dekat anak. 1. Sindrom kematian mendadak pada bayi Merokok di dekat anak Anda bisa meningkatkan risiko terjadinya sindrom kematian mendadak pada bayi atau sudden death infant syndrome (SDIS). SDIS biasanya terjadi pada bayi berusia di bawah 1 tahun. Asap rokok dikhawatirkan mengganggu jalan napas anak. 2. Pneumon

Waspada Jebakan Limpahan Rejeki

 Waspada Jebakan Limpahan Rejeki     Bila dilimpahkan kekayaan bukan berarti Allah memuliakan dan bila diberi kemiskinan bukan berarti Allah hinakan. . Ternyata ada yang harus kita waspadai lagi. Yaitu ia merasa bahagia di dunia padahal itu adalah hukuman baginya dari Allah Taala, karena ia bahagia tidak diatas landasan Agama Islam yang benar. Allah biarkan ia bahagia sementara di dunia, Allah biarkan ia merasa akan selamat dari ancaman Allah di akhirat kelak, Allah tidak peduli kepadanya. Itulah istidraj sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, Bila engkau melihat Allah Taala memberi hamba dari (perkara) dunia yang diinginkannya, padahal dia terus berada dalam kemaksiatan kepada-Nya, maka (ketahuilah) bahwa hal itu adalah istidraj (jebakan) dari Allah.[HR. Ahmad] Mengenai ayat, Maka apakah mereka merasa aman dari makar Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan makar Allah kecuali orang-orang yang merugi. [Al-Araf: 99]

Melangkah dan Bersabarlah

    MELANGKAHLAH...... BERSABARLAH......... Jika semua yang kita kehendaki harus kita MILIKI, darimana kita belajar IKHLAS Jika semua yang kita impikan harus TERWUJUD, darimana kita belajar SABAR Jika setiap do’a kita harus DIKABULKAN, bagaimana kita dapat belajar IKHTIAR Seorang yang dekat dengan ALLAH, bukan berarti tidak ada air mata Seorang yang TAAT pada ALLAH, bukan berarti tidak ada KEKURANGAN Seorang yang TEKUN berdo’a, bukan berarti tidak ada masa2 yang SULIT ▶Biarlah ALLAH yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena ALLAH TAHU yang tepat untuk memberikan yang TERBAIK ▶Ketika kerja kita tidak dihargai, maka saat itu kita sedang belajar tentang KEIKHLASAN ▶Ketika usaha kita dinilai tidak penting, maka saat itu kita sedang belajar  KESABARAN ▶Ketika hati kita terluka yang teramat dalam, maka saat itu kita sedang belajar tentang MEMAAFKAN ▶Ketika kita lelah dan merasa kecewa, maka saat itu kita sedang belajar tentang KESUNGGUHAN ▶Ketika kita merasa sepi dan sendiri, maka sa

Tips Menyikapi Pujian dan Celaan

KONDISI MANUSIA MENYIKAPI PUJIAN DAN CELAAN     Imam Abu Hamid al-Ghazali dalam kitabnya Ihyâ' Ulûmiddin mengatakan: "Ketahuilah, bahwa dalam perkara pujian dan celaan kondisi manusia terbagi ke dalam empat macam: 1. Ia akan gembira dengan pujian dan berterima kasih atas hal tersebut. Sebaliknya, dia akan marah atas celaan dan mendengki pencelanya, serta akan membalas dendam. 2. Ia akan memendam kemarahan di dalam hati kepada orang yang mencelanya, akan tetapi menahan lisan dan semua anggota tubuhnya untuk membalasnya. Atau, hatinya merasa gembira dan senang kepada orang yang memujinya, akan tetapi menahan ekspresi tubuhnya utk menahan kegembiraan. Di sini ada kekurangan, namun dibandingkan sebelumnya, ini lebih baik. 3. Ini adalah tingkatan kesempurnaan yang pertama pertama, yaitu menganggap datar antara orang yang mencela dan yang memujinya. Ia tidak merasa risau dengan celaan dan tidak pula senang dengan pujian. 4. Jujur dalam beribadah. Ia membenci pujian dan marah kepada

Be a Perfect?

Be a perfect?   Selama ini masih banyak orang yang minder dengan kondisi  yang ada pada dirinya.Ya, bisa karena tampilan fisik yang katanya kurang ideal atau kondisi pendukung yang membuat mereka ngerasa beda atau kurang di banding yang lain. I think, ini kayaknya si di rasain sama semua orang juga kayaknya. Misal si fulan, aduh..kenapa hidung saya bentuknya gini, atau kok aku pendek ya, atau kenapa si rambut saya gak lurus, kok saya hitam, kok saya kere buat makan aja susah abis, kenapa saya gak kaya dia yg tampilan fisik sempurna and tajir pula. Pasti sohib- sohib sekalian sering denger kata- kata tersebut, atau malah mungkin jadi orang yang ngomong hal itu???. Saya dicoretan ini akan ya, sedikitnya berbagi pengalaman and share informasi mengenai masalah-msalah yang sering terjadi pada sohib sekalian yang gak ngerasa punya keistimewaan :) This is the real story, saya punya teman semasa SMP bahkan kita satu SMA ya kalau di lihat secara tampilan fisik  emang si doi gemuk, item dan ga m

Apakah Ada Dosa yang Lebih Besar Dibandingkan Membunuh dan Zina?

Tahukah Kamu Dosa yang Lebih Besar Dibanding Membunuh dan 1000 Kali Zina?    Pada suatu senja yang lenggang, terlihat seorang wanita berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya yang serba hitam menandakan bahwa ia berada dalam duka cita yang mencekam. Kerudungnya menangkup rapat hampir seluruh wajahnya. Tanpa rias muka atau perhiasan menempel di tubuhnya. Kulit yang bersih, badan yang ramping dan roman mukanya yang ayu, tidak dapat menghapus kesan kepedihan yang tengah merusak hidupnya karna zina. Ia melangkah terseret-seret mendekati kediaman rumah Nabi Musa a.s. Diketuknya pintu pelan-pelan sambil mengucapkan salam. Maka terdengarlah ucapan dari dalam “Silakan masuk”. Perempuan cantik itu lalu berjalan masuk sambil kepalanya terus merunduk. Air matanya berderai tatkala ia berkata,“Wahai Nabi Allah. Tolonglah saya, Doakan saya agar Tuhan berkenan mengampuni dosa keji saya.” “Apakah dosamu ?” tanya Nabi Musa as terkejut. “Saya takut mengatakannya. ” jawab wanita cantik. “Katakanlah jangan ra

Di Situ, Kadang Saya Merasa Sedih (Sebuah Renungan)

SEBUAH RENUNGAN   Ketika teringat sabda, Setiap anak Adam pasti akan mengalami zina; mata, telinga, tangan, kaki, dan hati. Di situ, sering saya merasa sedih. Ketika mata ini lebih sering tergunakan untuk melihat yang haram daripada merenung mentafakkuri kebesaran-Nya. Di situ, sering saya merasa sedih. Ketika telinga ini lebih banyak mendengar musik daripada lantunan ayat Al-Quran, ghibah daripada sirah, dan curhatan gadis daripada hadits. Ketika mulut ini lebih banyak berkata tak baik daripada yang baik, lebih sering memvonis-fitnah daripada ceramah- dakwah. Ketika tangan ini lebih lincah melakukan maksiat, tetapi teramat kaku dalam memerangi kezhaliman. Ketika kaki ini lebih cepat melangkah saat menuju tempat hiburan, tetapi lambat bahkan berat saat dilangkahkan menuju Masjid untuk shalat. Ketika hati ini lebih sering berangan-angan tentang kemegahan dunia, daripada bersyukur atas apa yang telah ada. Ketika persangkaan orang lain terhadap diri ini terlampau baik daripada siapa diri

Jangan Menjadi Istri Durhaka

Jangan Menjadi Istri Durhaka Apa Saja Sih Yang Membuat Wanita Jadi Durhaka? Menjadi wanita sholehah itu mudah. Tapi jadi wanita durhaka akan lebih mudah. Dua kemudahan ini, bisa jadi terasa begitu tipis dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa yang membuat seorang wanita jadi durhaka? Ini Dia Ciri-ciri Istri Durhaka. Banyak keluh kesah Yang selalu merasa tak cukup, apa yang diberi semua tak cukup. Diberi rumah tak cukup, diberi motor tak cukup, diberi mobil tak cukup, dan lainnya. Tak ridha dengan pembelaan dan aturan yang diberikan suami. Hanya ingin memenuhi kehendak nafsu saja, tanpa memperhatikan perasaan suami, tak hormat kepada suami apalagi berterima kasih pada suami. Bukannya hendak menolong suami, apa yang suami beri pun tak pernah puas. Ada saja yang tak cukup. Suka mengungkit Kalau suami melakukan hal yang tak berkenan untuknya, maka diungkitlah segala hal tentang suaminya itu. Ia sangat senang membicarakan suami: tak ingat budi, tak bertanggung jawab, tak sayang, dan macam-mac

Duhai Istri Salihah, Bacalah Nasehat Ini

DUHAI ISTRI SHALIHAH Berdandanlah untuk suamimu -harapkanlah pahala dari Allah di waktu anda berdandan itu, karena Allah itu Indah dan mencintai keindahan- pakailah parfum, dan bermake up-lah, serta pakailah busana yang paling indah untuk menyambut suamimu. Jauhi dan jauhilah bermuka asam dan cemberut. Janganlah anda mendengar dan menghiraukan perusak dan pengacau yang akan merusak dan mengacaukan keharmonisanmu dengan suami. Janganlah selalu tampak sedih dan gelisah, akan tetapi berlindunglah kepada Allah dari rasa gelisah, sedih, malas dan lemah. Janganlah berbicara terhadap laki-laki lain dengan lemah-lambut, sehingga menyebabkan orang yang di hatinya ada penyakit mendekatimu dan mengira hal-hal yang jelek terhadap dirimu. Selalulah berada dalam keadaan lapang dada, hati tentram, dan ingat kepada Allah setiap saat. Ringankanlah suamimu dari setiap keletihan, kepedihan dan musibah serta kesedihan yang menimpanya. Apakah akan membahayakan dirimu, kalau anda menemui suamimu dengan waja

Amalan Yang Dapat Dilakukan Ketika Haid

Amalan Wanita ketika Haid   Banyak sekali amalan wanita ketika haid, selain hal-hal yang dilarang atau diharamkan bagi wanita yang sedang haid maka insya Allah amalan tersebut adalah amal shalih yang mendatangkan pahala dari Allah, tentu jika amalan itu disertai dengan niat yang ikhlas dan ittiba’ (sesuai dengan petunjuk Rasulullah). Hal-hal yang dilarang dilakukan oleh wanita haid, dan wanita nifas: 1. Shalat dan Puasa “Bukankah jika wanita itu haid, maka ia tidak shalat, dan tidak puasa?” [ Riwayat Bukhari] 2. Memasuki mesjid (terdapat ikhtilaf dikalangan ulama) “Aku tidak menghalalkan mesjid untuk wanita haid, dan orang-orang dalam keadaan junub”[ Riwayat Abu Daud 3. Perceraian , wanita haid tidak boleh dicerai, namun harus menunggu hingga ia suci 4. Berhubungan suami istri “ oleh sebab itu, hendaklah kalian menjauhkan diri dari wanita di waktu haid, dan janganlah kalian mendekati mereka sebelum mereka suci “(Al-Baqoroh: 222) 5. Thawaf, “Lakukanlah apa yang dilakukan jama'ah haj

Ketaatan Seorang Istri Berbalas Surga

 Ketaatan Seorang Istri Berbalas Surga   Ketaatan istri pada suami adalah jaminan surganya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki. (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya) Suami adalah surga atau neraka bagi seorang istri. Keridhoan suami menjadi keridhoan Allah. Istri yang tidak diridhoi suaminya karena tidak taat dikatakan sebagai wanita yang durhaka dan kufur nikmat. Suatu hari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa beliau melihat wanita adalah penghuni neraka terbanyak. Seorang wanita pun bertanya kepada beliau mengapa demikian? Rasulullah pun menjawab bahwa diantarantanya karena wanita banyak yang durhaka kepada suaminya. (HR Bukhari Muslim) Jika Tulisan ini Bermanfaat Silahkan Bagikan ke 10 Teman Line Jamaah Sekalian, insyaAllah

Istikharah Dalam Setiap Urusan

  1. Rasulullah saw mengajari sahabatnya ber-istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Alquran 2. sabda Nabi, “Jika kalian ingin lakukan suatu urusan, shalatlah 2 rakaat selain shalat fardhu, lalu hendaklah berdoa: 3. "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu," 4. "aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya." 5. "Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib." 6. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat," 7. "maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku." 8. "Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku" 9. "maka palingkanlah ia dariku, dan palingka

Renungan Tentang Waktu

Menjaga Waktu   Sehebat apapun kita, tak bisa menahan waktu. Waktu akan terus berlalu dan tak akan kembali lagi. Berbahagialah mereka yang senantiasa mengisi waktunya dengan aktivitas yang berpahala. Sebaliknya, betapa ruginya mereka yang menyia-nyiakan waktu dengan berhura-hura dan menabung dosa. Imam Hasan Basri mengingatkan: “Tidak ada satu haripun yang menampakkan fajarnya kecuali ia akan menyeru “Wahai anak Adam, aku adalah harimu yang baru, yang akan menjadi saksi atas amalmu, maka carilah bekal dariku, karena jika aku telah berlalu aku tidak akan kembali lagi hingga Hari Kiamat.” Rasul juga mengingatkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.: “Diantara baiknya keislaman seseorang adalah ketika ia meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya”. (HR. Ahmad, Tarmidzi dan Ibnu Majah). Para Salaf Saleh juga berkata: “Diantara tanda datangnya kemurkaan adalah sikap menyia-nyiakan waktu”. Mari menjaga waktu dari kemaksiatan agar hidup kita bermutu, berlimpah pahala, dan

Nasehat Untuk Lelaki

Jadilah seorang lelaki yang beriman, Yang hatinya disalut rasa taqwa kepada Allah, Yang jiwanya penuh penghayatan terhadap Islam, Yang senantiasa haus dengan ilmu, Yang senantiasa dahaga akan pahala, Yang solatnya adalah maruah dirinya, Yang tidak pernah takut untuk berkata benar, Yang tidak pernah gentar untuk melawan nafsu, Yang senaantiasa bersama kumpulan orang-orang yang berjuang di jalan Allah. Jadilah seorang lelaki, Yang menjaga tutur katanya, Yang tidak bermegah dengan ilmu yang dimilikinya, Yang tidak bermegah dengan harta dunia yang dicarinya, Yang sentiasa berbuat kebajikan kerana sifatnya yang penyayang, Yang mempunyai kawan dan tidak mempunyai musuh. Jadilah seorang lelaki, Yang menghormati ibu bapaknya, Yang senantiasa berbakti kepada orang tua dan keluarga, Yang bakal menjaga kerukunan rumahtangga, Yang akan mendidik isteri dan anak-anak mendalami Islam, Yang mengamalkan hidup penuh kesederhanaan, Karena dunia baginya adalah rumah sementara menuju akhirat. Jadilah seora

Dahulukan Puasa Qadha Sebelum Puasa Sunah

Sebagian wanita salah dalam menyikapi puasa sunnah nan mulia yakni puasa Syawal. Mereka lebih semangat menyelesaikan puasa Syawal daripada menunaikan utang puasa mereka. Padahal puasa qadha’ adalah dzimmah (kewajiban) sedangkan puasa Syawal hanyalah amalan sunnah. Bagaimana sikap yang benar dalam menyikapi masalah ini? Perlu diketahui bahwa tidak boleh mendahulukan puasa Syawal sebelum meng-qadha’ puasa atau membayar utang puasa. Seharusnya yang dilakukan adalah puasa qadha’ dahulu lalu puasa Syawal. Karena jika kita mendahulukan puasa Syawal dari qadha’ sama saja dengan mendahulukan yang sunnah dari yang wajib. Ini tidaklah tepat. Lebih-lebih lagi yang melakukannya tidak mendapatkan keutamaan puasa 6 hari di bulan Syawal sebagaimana disebutkan dalam hadits, مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh” (HR. Muslim no. 1164). U

Anak Kecil Itu Menangis Karena Takut Neraka

KARENA TAKUT API NERAKA, ANAK KECIL ITU MENANGIS Dalam sebuah riwayat mengisahkan bahwa ada seorang lelaki tua sedang berjalan-jalan di tepi sungai, saat dia sedang berjalan-jalan dia melihat seorang anak kecil sedang mengambil wudhu sambil menangis. Orang tua itu melihat anak kecil tadi menangis, dia pun berkata, Wahai anak kecil, kenapa kamu menangis? Maka berkata anak kecil itu, Wahai paman saya telah membaca ayat al-Quran sehingga sampai kepada ayat yang berbunyi, Yaa ayyuhal ladziina aamanuu quu anfusakum yang bermaksud,  Wahai orang-orang yang beriman, jagalah olehmu sekalian akan dirimu. Saya menangis sebab saya takut akan dimasukkan ke dalam api neraka. Berkata orang tua itu, Wahai anak, janganlah kamu takut, sesungguhnya kamu terpelihara dan kamu tidak akan dimasukkan ke dalam api neraka. Berkata anak kecil itu, Wahai paman, paman adalah orang yang berakal, tidakkah paman melihat ketika orang menyalakan api maka yang pertama sekali yang mereka akan letakkan ialah ranting-ranti

Wahai Perempuan, Jangan Lupakan Ini

INILAH YANG DILUPAKAN SEBAGIAN WANITA   Keutamaan Wanita. 1. Benda yang Mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang teraman dan terbaik. Sudah pasti intan permata tidak akan dibiar terserak bukan? Itulah bandingannya dengan seorang wanita. 2.Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada bapaknya? 3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya, sementara apabila lelaki menerima warisan, Ia perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk isteri dan anak-anak. 4. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak,tetapi tahukah bahwa kesabarannya saat hamil berpahala besar, dan tahukah jika ia meninggal dunia karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya. 5. Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggung- jawabkan: Isterinya, ibunya, anak perempuannya dan laki-lakinya. Artinya, ba

Lisan Lebih Tajam Dari Pada Pedang

Lisan lebih tajam daripada pedang Bedanya pedang bisa langsung membunuh Sedangkan lisan hanya langsung menyayat hati dulu "Disayat-sayat dulu ngga langsung ngebunuh" Seperti itulah halnya hati seseorang jika mendengar lisan seseorang yg kasar Rasanya hati disayat-sayat sampai kapan pun ngga akan pernah lupa. Ada seseorang yg membicarakan kita di BELAKANG?? Tenang.. Allaah tau Ada seseorang yg menghibahi kita di BELAKANG? . Tenang.. Malaikat tau Ada seseorang yg memfitnah kita di BELAKANG?? Tenang.. Pahalanya mengalir ke kamu Sungguh, saat kita merasa diri kita benar? Lalu menghibahi.. lalu menyalahi.. Disaat-saat itulah "syetan" diam-diam merasuki ke dalam diri.. Kita senang aib kita tersimpan, sementara mulut kita lancar mengumbar aib orang.. Tanyakan pada diri?? Sudah suci kah? . Sebenarnya yg menghibahi itulah menunjukkan aibnya sendiri.

Wahai Suami, Cintailah Istrimu

WAHAI SUAMI...CINTAI ISTRIMU .   DR. 'Aid al Qarny menggambarkan tentang istrinya: Beberapa malam yang lalu, sesaat sebelum aku tidur, aku berada di atas ranjang, aku menoleh ke arah istriku dan aku pandangi bentuk wajahnya sementara ia lagi tidur, aku bergumam dalam hatiku: Malang sekali dia, setelah hidup selama bertahun-tahun bersama kedua orang tua dan keluarganya, ia datang untuk tidur di samping laki-laki yang asing baginya. Dia tinggalkan rumah orang tuanya. Dia tinggalkan bermanja-manja dengan kedua orang tuanya. Dia tinggalkan bersenang-senang di rumah keluarganya. Sekarang ia datang kepada laki-laki yang menyuruhnya untuk melakukan yang ma'ruf dan meninggalkan yang mungkar. Dia melayani laki-laki itu sesuai dengan yang diridhai Allah. Semua itu berdasarkan perintah agama, subhanallah...... Dari sini muncul pertanyaan di dalam diriku?! Kenapa sampai gampang bagi sebagian laki-laki untuk memukul istrinya dengan penuh kekerasan, setelah ia meninggalkan rumah keluarganya,

Akhlak Istri Idaman

 Akhlak Istri Idaman   Jadilah seorang istri Yang senantiasa bertakwa kepada Allah SWT dan mengikuti Sunnah Rasul. Senantiasa hormat, taat serta patuh kepada suami sepanjang pada hal-hal kebaikan. Jadilah seorang istri Yang selalu meminta izin kepada suami jika hendak bepergian. Jika dilarang ia tidak akan melanggarnya. Yang senantiasa mengghargai dan menerima dengan ikhlas sekecil apapun setiap pemberian suami serta tidak akan banyak menuntut apapun yang belum mampu diberikan suami. Jadilah seorang istri Yang senantiasa menjaga kehormatan dirinya ketika suami sedang tak berada di rumah. Yang senantiasa menjaga kehormatan suami dan harta suami dengan sebaik-baiknya. Ia juga tidak suka menceritakan aib suami kepada siapapun. Jadilah seorang istri Yang senantiasa pandai berusaha menyenangkan dan menghibur hati suami disaat suami sedang ada permasalahan. Yang senantiasa melayani suami dengan baik dalam hal kehidupan sehari-hari dan kebutuhan di tempat tidur. Jadilah seorang istri Yang sen

Siapakah Yang Pantas Disebut Sahabat?

SIAPAKAH YANG PANTAS DI SEBUT SAHABAT ?     Yang mengajakmu makan malam di cafe? Yang membeli tiket untuk nonton bareng? Yang nangis bareng ketika nonton konser? Yang selalu berada disebelahmu ketika foto narsis Yang mengirimkan sms: "jangan lupa mamam tiang eeaa.." Yang mengunjungimu ketika dalam keadaan bete dan bosan? Baiklah... Mungkin itu adalah sahabat versi terbaik kita... Namun dalam Al-Quran ALLAH  menjelaskan, manusia yang pantas disebut sahabat dan saudara adalah "Yang membantumu dalam kebaikan dan menasehatimu dalam keburukan serta bersabar didalamnya ...." Maka ... hitunglah baik baik ... siapa yang mengajak kita sholat berjamaah, siapa yang memberikan contoh kita melakukan kebaikan, siapa yang menasehati jika kita berbuat salah, siapa yang menjawab kegalauan kita, siapa yang mencegah kita berbuat maksiat, siapa yang marah bila kita berkhalwat atau sekedar ikhtilat. Bila ternyata tidak ada seorangpun yang melakukannya kepada kita, sungguh-sungguh malang

Anak Sholeh dan Sholehah Adalah Investasi Akhirat.

Anak Sholeh dan Sholehah Adalah Investasi Akhirat.   Kalau mau pilih, ingin punya rumah besar atau ingin punya anak yang sholeh dan sholehah? . Punya rumah besar, tidak salah kok milih rumah yang besar. Kita sebagai umat muslim juga butuh tempat tinggal yang nyaman dan luas. . Punya anak yang sholeh dan sholehah, in syaa Allah ini jawaban yang tepat. . Kenapa harus mempunyai anak yang sholeh dan sholehah? . Hidup ini teramat singkat jika kita hanya memikirkan dunia, pikirkanlah akhirat dimana kita akan hidup selamanya disana. . Anak sholeh dan sholehah in syaa Allah adalah investasi akhirat kita. . Selama kita mempunyai anak yang sholeh dan sholehah, in syaa Allah di dalam akhirat, kita akan hidup bahagia. . Bagaimana tidak, anak yang sholeh dan sholehah in syaa Allah selalu mendo'akan orang tuanya. . "Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak so

Renungan Tentang Bahagia

Renungan Tentang Bahagia Jika kekayaan bisa membuat orang bahagia, tentunya Adolf Merckle, orang terkaya dari Jerman, tidak akan menabrakkan badannya ke kereta api. Jika ketenaran bisa membuat orang bahagia, tentunya Michael Jackson, penyanyi terkenal di USA, tidak akan meminum obat tidur hingga overdosis. Jika kekuasaan bisa membuat orang bahagia, tentunya G. Vargas, presiden Brazil, tidak akan menembak jantungnya sendiri. Jika kecantikan bisa membuat orang bahagia, tentunya Marilyn Monroe, artis cantik dari USA, tidak akan meminum alkohol dan obat depresi hingga overdosis. Jika kesehatan bisa membuat orang bahagia, tentunya Thierry Costa, dokter terkenal dari Perancis, tidak akan bunuh diri, akibat sebuah acara di televisi. Ternyata, bahagia atau tidaknya hidup seseorang itu, bukan ditentukan oleh seberapa kayanya, tenarnya, cantiknya, kuasanya, sehatnya atau sesukses apapun hidupnya. Tapi yang bisa membuat seseorang itu bahagia adalah dirinya sendiri.. mampukah ia mau mensyukuri sem

MACAM-MACAM DARAH YANG KELUAR DARI RAHIM WANITA

MACAM-MACAM DARAH YANG KELUAR DARI RAHIM WANITA     1. DARAH HAID (Menstruasi) Menurut bahasa haid artinya “mengalir”. Menurut syariat haid adalah darah yang mengalir dari pangkal rahim wanita secara alami dan berkala. Datangnya haid bagi wanita ini menandakan bahwa sejak itu dirinya telah balig. Sejak itu dirinya berkewajiban menerima beban taklifi (sebagai mukalaf). Haid mulai dialami wanita biasanya setelah memasuki usia 9-15 tahun, tergantung subur atau tidaknya fisik anak perempuan tadi.   2. DARAH NIFAS Menurut bahasa, nifas adalah melahirkan anak. Menurut syariat, nifas adalah darah yang keluar menyusul kelahiran bayi. Darah itu sebenarnya adalah darah haid yang mengumpul dan tidak keluar selama wanita mengandung.   3. DARAH ISTIHADHAH (Penyakit) Yaitu darah yang keluar dari rahim perempuan sebab penyakit bukan darah haid atau nifas.   HAL_HAL YANG DILARANG DIWAKTU HADAS 1. LARANGAN-LARANGAN BAGI ORANG YANG BERHADAS, adalah : a. Mengerjakan sholat. b. Mengerjakan thawaf. c. Memb

Dzikir Adalah Satu Ibadah yang Mulia

Tahukah kalian? Dzikir adalah salah satu ibadah yg mulia.    Ucapan dzikir yg paling disukai Allah ada empat, yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah,  Allahu Akbar. . Berikut penjelasan arti  maksud tiap ucapannya: . 1. Bacaan tasbih (Subhanallah = Maha Suci Allah) adalah menyucikan Allah dari segala kekurangan yg tidak layak bagi-Nya. . 2. Bacaan tahmid (Alhamdulillah = Segala puji bagi Allah) adalah menetapkan kesempurnaan pada Allah dalam nama, sifat  perbuatan-Nya yg mulia. . 3. Bacaan tahlil (Laa ilaha illallah = Tidak ada sesembahan yg berhak disembah selain Allah) adalah berbuat ikhlas  mentauhidkan Allah serta berlepas diri dari kesyirikan. . 4. Bacaan takbir (Allahu akbar = Allah Maha Besar) adalah menetapkan keagungan atau kebesaran pada Allah Taala  tidak ada yg melebihi kebesarannya. Empat kalimat mulia tersebut bisa berfaedah jika bukan hanya di lisan, namun direnungkan  dipahami maknanya di dalam hati. . Semoga amalan yg sederhana ini dapat menjadi rutinita

Untuk Para Suami

Untuk Kita Para Suami [1] Kita para suami jangan hanya melihat isteri kita yang telah berubah postur tubuhnya tidak seindah dulu lagi.. [2] Dulu ketika menikah isteri kita langsing dan ideal fisiknya, sekarang tidak lagi.. [3] Kita para suami harus menyadari perubahan postur tubuh dan fisik isteri adalah karena tanggung jawabnya yang besar.. [4] Ya Allah sayangi isteriku yang telah mengandung, melahirkan, menyusui dan mendidik anak-anakku.. [5] Ya Allah sayangi isteriku yang telah mau menikah denganku dan menyelamatkanku dari perbuatan terlarang.. [6] Ya Allah sayangi isteriku yang setia menemani dan membantuku dalam suka dan duka.. [7] Ya Allah sayangi isteriku yang telah menjadi madrasah bagi anak-anakku.. [8] Ya Allah sayangi isteriku yang sabar merawat anak-anakku dalam segala keadaan, ketika mereka sehat atau sakit.. [9] Ya Allah sayangi isteriku yang menjadi pelengkap hidupku.. [10] Terima Kasih Cinta.. Semoga Allah kumpulkan kita di dunia ini sampai di Jannah Firdaus [11] Uhibbu

Seorang Ibu Ialah Sekolah Pertama Untuk Anaknya

Seorang Ibu Ialah Sekolah Pertama Untuk Anaknya Prolog: Madinah di gelap malam, Umar bin Khattab dan sahabat-nya Aslam melakukan inspeksi melihat-lihat keadaan rakyatnya, Tiba-tiba oleh karena rasa lelahnya, ia bersandar ke salah satu dinding rumah, dalam penatnya sayup-sayup didengarnya percakapan seorang ibu penjual susu dengan anak perempuannya: "wahai anakku, ambillah susu itu dan campurlah dengan air biasa." putrinya menjawab: "wahai ibu, apakah ibu tak tahu keputusan yang diambil amirul mukminin pada hari ini? "memang apa keputusan yang diambilnya wahai putriku? tanya sang ibu. "Dia memerintahkan seseorang mengumumkan tak boleh mencampur susu dengan air" jawab putrinya. "Wahai putriku, ambil saja susu itu dan campurkan dengan air. Saat ini kamu berada di suatu tempat yang tak dapat dilihat oleh Umar" Putrinya menyahut: "Aku sama sekali tak mungkin mentaatinya saat ramai dan mendurhakainya saat sepi." Umar kemudian menyuruh Aslam m

Satu Sedekah Berbalas Seribu Berkah

BERSEDEKAHLAH ....    Maha suci ALLAH SWT, DZAT yang telah membersihkan hati orang-orang beriman dari sifat angkuh dan serakah. ALLAH SWT lah yang menyelipkan ke sanubari orang beriman perasaan iba, simpati sekaligus empati kepada orang-orang yang lemah dan membutuhakan bantuan, melalui bersedekah. Kita bersedekah TIDAK MENGHARAPKAN BALASAN dari orang yang kita bantu. Kita harus yakin ALLAH SWT lah yang akan membalas. ”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yg luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang MENAFKAHKAN (HARTANYA) DI WAKTU LAPANG & DI WAKTU SEMPIT, dan orang-orang yg menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. ALLAH menyukai orang-orang yang berbuat baik ” (QS. Ali Imran : 133-134) ” Perbandingan (balasan atau pahala) bagi orang-orang yg MEMBELANJAKAN HARTANYA DI JALAN ALLAH seperti satu biji yg menumbuhkan tujuh cabang, di setiap cabang menjuntai seratus buah, dan ALLAH aka

Pengingat Bersyukur di Surat Ar Rahman

Pengingat Bersyukur di Surat Ar Rahman   Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah. kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti. Surat Ar Rahman adalah salah satu surat dari 114 surat dalam Al Qur'an. Entah mengapa, tanpa mengesampingkan surat lain dalam Al Qur'an, surat ini menyita perhatian saya. Surat ini memiliki kata yang begitu indah dan mengalir berirama. Dan tanpa terasa air mata menetes, satu ,demi satu Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?) yang terletak di akhir setiap ayat yang

Cintailah Istrimu, Maka Rezeki Akan Berkah

Cintailah Istrimu, Maka Rezeki Juga Akan Mencintaimu    (Yang Setuju boleh like dan Share Yaa) Kisah didapat tanpa sengaja. Belasan tahun yang lalu, saat berangkat kuliah, bertemu dengan orang yang memberikan wejangan ini. Hari itu terburu-buru berangkat ke tempat kuliah, maklum hari itu agak terlambat padahal hari itu mata kuliah favorit. Saat hujan turun tiba-tiba, baru sadar kalau lupa membawa mantel, akhirnya berteduhlah di sudut sebuah warung. Di tempat itu berkenalan dengan seorang yang sangat baik, dia seorang menantu kyai pemilik pondok pesantren. Obrolan kami tambah seru saat menginjak materi rejeki bagi manusia. Pekerjaan dia adalah pekerjaan serabutan. Dia tidak memiliki pekerjaan tetap, tetapi dia bersyukur bisa mencukupi kebutuhan keluarganya dengan baik. Sandang, pangan, dan perhiasan untuk istrinya selalu tercukupi tanpa kekurangan. Itulah misteri rejeki mas, Kata orang itu pada saya. Saat ditanya apa rahasianya rejekinya dia selalu berlimpah, jawaban dia terletak pada s