Langsung ke konten utama

3 Keutamaan Surat Al Mulk

3 Keutamaan Surat Al Mulk

 

Al Quran

Surat Al Mulk artinya kerajaan dan sering disebut surat tabarak adalah surat ke 67 termasuk surat pendek karena hanya berisi 30 ayat.

Keutamaan dan faedahnya sangat jelas dapat memberi syfaat dan menyelamatkan bagi yang membacanya dari siksa kubur. Imam Qurthubi menjelaskan keutamaan surat ini berdasarkan pada beberapa riwayat sebagai berikut :

1.Keinginan Nabi Saw agar surat ini selalu ada dihati mukmin

Dalam hadist yang disebutkan Ats-Tsalabi bahwa surat ini penting untuk selalu ada dihati setiap mukmin Nabi Saw bersabda:

Aku menginginkan agar surat : Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, berada disetiap hati orang mukmin

2.Penyelamat dari siksa kubur

Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata : Salah seorang sahabat Rasulullah Saw mendirkan tendanya di suatu tempat dan ia tidak menyangka kalau tempat itu adalah sebuah kubur. Ternyata kubur itu adalah orang yang membaca surat Al Mulk hingga menghatamkannya.

Lalu ia datang kepada Nabi Saw dan berlata: Wahai Rasulullah, aku mendirikan tendaku di atas sebuah kubur. Aku tidak menyangka bahwa tempat itu adalah sebuah kubur orang  yang membaca surat al Mulk hingga menghatamkannya. Lalu Nabi Saw bersabda:

Ia adalah pencegahku, ia adalah yang menyelamatkannya dari siksa kubur.

Dalam riwayat yang lain, Abu Hurairah Ra berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda:

Sesungguhnya ada satu surat dari kitab Allah yang memiliki 30 ayat yang dapat memberi syafaat kepada seseorang hingga surat itu mengeluarkannya dari api neraka pada hari kiamat dan memasukkannya kedalam syurga. Surat tersebut adalah surat tabarak (HR Atirmidzi).

Ibnu Mas’ud berkata: Apabila mayit diletakkan di dalam kuburnya, maka ia didatangi dari arah kedua kakinya. Lalu dikatakan: Tidak ada jalan untuk kalian. Sesungguhnya ia berdiri dengan surat al Mulk diatas kedua kakinya.

Lalu ia didatangi dari arah kepalanya. Lalu lidahnya berkata: Tidak ada jalan untuk kalian. Ia selalu membaca surat Al Mulk. Kemudian ia berkata: Surat Al Mulk adalah pencegah dari siksa kubur.

3.Pengantar kebaikan dan mencegah hal yang mudharat

Dalam Taurat disebutkan : Surat Al Mulk, barang siapa membacanya dimalam hari, maka ia telah memperbanyak dan memperbagus.

Dalam riwayat lain bahwa barang siapa membacanya setiap malam hari, maka sesuatu yang menggiurkannya tidak akan menjadikan mudharat baginya.

Wallahu a’lam

 

Sumber: https://perkarahati.com/2014/07/09/keutamaan-surat-al-mulk/ 

Postingan populer dari blog ini

Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 2)

Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 2)    Sumber: https://web.facebook.com/abu.yazan.gaza Kunjungi: Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 1)

8 Golongan Manusia Yang Dicintai Allah

Salah satu sifat Allah ialah Al-Mahabbah (cinta), yaitu Allah mencintai hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa. Di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa ayat yang menjelaskan mengenai orang-orang yang dicintai oleh Allah. Sedikit tulisan singkat ini menerangkan tentang delapan golongan manusia yang dicintai oleh Allah sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an.   1. Al-Muhsinun (Orang-orang yang Berbuat Baik) Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, sebagaimana diterangkan dalam lima ayat, yakni Surat Al-Baqarah ayat 196, Surat Ali Imran ayat 134 dan ayat 148, serta Surat Al-Maidah ayat 13 dan 93:  “dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”. (Qs. Al-Baqarah:195). Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Qs. Ali Imran:134).  “Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. (Qs. Ali Imran:148).   2. At-Tawwabun (Orang-orang yang Bertaubat)

Urutan dan Tata Cara Wudhu

Urutan dan Tata Cara Wudhu   Wudhu menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum anda melaksanakan berbagai ibadah lainnya seperti ibadah sholat dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui berbagai urutan dan juga tata cara wudhu yang benar. Mungkin anda memang sudah menghafal dengan urutan untuk berwudhu karena anda sudah bisa melakukannya. Akan tetapi bagaimana dengan tata cara yang tepat? Maka inilah info lengkapnya untuk anda. 1. Dimulai dengan niat Urutan pertama yang tentu saja harus anda lakukan adalah melafalkan niat saat akan berwudhu. Pastikan pula anda berwudhu dengan menggunakan air bersih yang suci mensucikan. 2. Mencuci telapak tangan yang basah Pastikan anda membasuh telapak tangan hingga basah secara merata. Anda perlu untuk membasuh kedua telapak tangan sampai pada pergelangan tangan hingga bersih. 3. Berkumur dengan ar bersih Selanjutnya berkumur sebanyak 3 kali untuk membersihkann gigi hingga bersih sehingga t