Langsung ke konten utama

Semua Bumi Allah Adalah Tempat Bersujud

 



Shalat merupakan ibadah yang pertama kali akan dihisab di akhirat kelak. Hendaknya shalat dilakukan dengan memperhatikan syarat dan rukunnya serta di awal waktu. Tempat terbaik untuk shalat memang ada di masjid, namun kita bisa shalat dimanapun selama tempatnya sesuai syarat yang telah ditentukan.

Ini merupakan dasar bahwa shalat itu bisa dilaksanakan dimanapun, tidak harus di masjid, tergantung kondisi dan keadaan saat shalat harus ditegakkan. Ini kisahnya sebagai berikut:

Pada suatu ketika, Ibrahim bin Yazid At Taimi membacakan al Qur’an kepada bapaknya di halaman masjid. Ketika ia membaca ayat sajadah, si bapak kontan bersujud.

Lalu ia bertanya kepada bapaknya, ” mengapa ayah sujud di jalanan?” Sang ayah lalu menjawab : “Aku mendengar Abu Dzar bercerita, bahwa dia pernah bertanya kepada Rasulullah Saw tentang masjid yang mula mula dibangun di muka bumi. Kemudian, Rasulullah Saw menjawab Masjidil Haram. Lalu ditanyakan pula, sesudah itu masjid apalagi. Rasulullah pun menjawab, Masjidil Aqsha.

Kemudian ditanyakan lagi, berapa lama jarak antara keduanya di bangun. Beliau menjawab empat puluh tahun. Lalu beliau melanjutkan sabdanya,” Kemudian seluruh bumi Allah adalah tempat sujud bagimu karena itu, dimana saja kamu berada, jika waktu shalat telah tiba, maka sujudlah segera.

(buku ketawa sehat bareng ahli fiqih, Khaeron Sirin)

 

Lainnya:

Keutamaan Bersedekah 

Manfaat Shalat Dhuha

Postingan populer dari blog ini

Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 1)

 Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina  (Bagian Pertama)     Sumber: https://web.facebook.com/abu.yazan.gaza Kunjungi juga: Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 2) Keutamaan Surah Al Mulk  

Keutamaan Bersedekah

  Sedekah merupakan perbuatan baik yang sangat dianjurkan agama Islam. Bahkan Islam sendiri menyebut sedekah sebagai ibadah yang sangat baik untuk dilaksanakan. Berikut adalah sedikit keutamaan sedekah. Menolong sesama merupakan amal ibadah yang berfungsi dobel. Bukan saja kemanfaatan untuk diri yang memberi tapi juga kebahagiaan bagi yang diberi. Bila seorang muslim beribadah shalat, ataupun berpuasa misalnya, maka kemanfaatan itu lebih dirasa oleh mukmin yang mengerjakannya. Beda dengan sedekah, disamping pahalanya kembali kepada yang bersedekah, yang disedekahi juga terbantu dengan pemberian ini. Terbantu dengan manfaat sedekah ini. Dari keutamaan sedekah yang demikian wajar sekiranya bila Allah menjanjikan "Aku bersama hambaKu selama hambaKu itu menolong sesamanya." Lalu bagaimana dengan tantangan kita dalam hal bersedekah di era modern secara cerdas dan juga berujung keajaiban ? Hidup di era modern kita seakan-akan berada di tengah-tengah "iming-iming duniawi"

Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 2)

Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 2)    Sumber: https://web.facebook.com/abu.yazan.gaza Kunjungi: Tersenyumlah, Karena Kalian Bangsa Palestina (Bagian 1)